Gaji UMR angka.id

Daftar Gaji UMR Supiori

Tahukah Anda besaran gaji UMR Supiori saat ini? Informasi besaran UMR ini sangat perlu untuk Anda yang sedang melamar kerja. Dengan informasi ini Anda mampu tahu berapa minimal gaji yang mestinya Anda terima.

Khusus untuk kamu di sini dapat kami berikan jawaban berapa gaji UMR Supiori yang terbaru. Tidak cuma itu, informasi seputar apa itu UMR dan bagaimana langkah mendapat kerja dengan gaji UMR yang akan kami jabarkan untuk Anda.

Apa Sebenarnya UMR Itu?

Sebelum menjawab pertanyaan berapakah gaji UMR Supiori sekarang ini, Anda harus memahami apa sebenarnya UMR itu.

UMR merupakan singkatan dari Upah Minimum Regional. Istilah UMR telah ada sejak tahun 1999. Istilah ini keluar didalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 1 tahun 1999.

Dalam keputusan ini UMR merupakan upah minimum yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai acuan gaji minimum para pekerja. Dengan punyanya ketetapan ini perusahaan minimal wajib menambahkan gaji sesuai dengan UMR yang udah ditetapkan. Namun saat ini istilah UMR sudah tidak berlaku lagi.

Sejak adanya Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 226 tahun 2000 UMR berubah istilah menjadi UMP dan UMK. Namun istilah UMR sendiri udah menempel hingga sekarang.

Pengertian UMP dan UMK sebenarnya tidak jauh berbeda dengan UMR. UMP adalah upah minimum provinsi di mana yang memutuskan adalah gubernur. Sedangkan UMK merupakan upah minimum kota/kabupaten yang ditetapkan oleh walikota atau bupati tersebut.

Lalu apakah besar UMP dan UMK sama? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak. Besaran UMP dan UMK pasti ada perbedaan, namun besaran UMK tidak boleh lebih rendah dari UMP. Jadi UMK pasti lebih tinggi dari UMP.

Selain UMP dan UMK, ada juga istilah UMS atau upah minimum sektoral. UMS ini merupakan upah minimum berdasarkan sektor industri tertentu.

UMS terbagi jadi 2 type yaitu UMSP dan UMSK. UMSP adalah upah minimum sektoral provinsi. Sedangkan UMSK merupakan upah minimum sektoral kota/kabupaten.

Baca Juga :   Daftar Gaji UMR Sijunjung

Sesuai dengan peraturan, besaran UMSP mesti lebih tinggi dari UMP. Sedangkan besaran UMSK wajib lebih tinggi dari UMK.

Besarnya UMSP dan UMSK ini ditetapkan bareng oleh asosiasi perusahaan dan serikat buruh atau pekerja. Hasil perundingan ini nanti diusulkan kepada gubernur atau walikota dan bupati setempat. Pengusulannya lewat Kantor Wilayah Kementerian Tenaga Kerja.

Daftar Gaji UMR Supiori

Dalam penghitungan UMR, total UMR yang didapatkan bukanlah merupakan gaji pokok. Gaji pokok UMR Supiori hanya 75% dari UMR, sedangkan 25% nya merupakan tunjangan tetap. Walaupun UMR bukan 100% gaji pokok tetapi perusahaan tetap harus membayar karyawannya sesuai dengan UMR yang berlaku.

Untuk Anda yang sedang mencari daftar UMR yang ada di Supiori, saya akan berikan daftarnya spesial untuk Anda. Tidak cuma besaran UMR nya saja tapi juga persentase naiknya gaji UMR Supiori tiap-tiap tahunnya.

Berikut daftar gaji UMR Supiori 5 tahun terakhir :

Tahun UMR Persentase Kenaikan
2018 Rp. 3.390.035,- 8,71%
2019 Rp. 3.440.973,- 8,03%
2020 Rp. 3.486.349,- 8,50%
2021 Rp. 3.526.186,- 3,27%
2022 Rp. 3.566.854,- 5,11%

Dari tabel ini Anda kita bisa membandingkan besaran UMR Supiori setiap tahunnya. Persentase naiknya UMR ini terus terjadi setiap tahunnya. Hal ini karena keperluan hidup di Supiori tiap tahunnya pasti bertambah.

Namun sayangnya banyak perusahaan yang tetap menggaji karyawannya di bawah UMR wilayah tersebut. Sebenarnya perusahaan harus memberikan gaji sesuai UMR. Namun jika kondisi perusahaan belum memungkinkan penggajian di bawah UMR masih diperbolehkan sesuai kesepakatan pekerja dan perusahaan.

Apa Saja yang Mempengaruhi Besaran UMR Di Supiori?

Penetapan standar gaji UMR Supiori sebetulnya tidak semudah yang Anda bayangkan. Dalam menentukan besaran UMR membutuhkan proses yang cukup panjang. Bahkan ada juga sebagian kota dan kabupaten yang belum sanggup menentukan UMK nya sendiri.

Lalu bagaimana kalau kota atau kabupaten belum mampu menentukan UMK nya sendiri? Jika suatu kota atau kabupaten belum bisa menetapkan UMK nya maka UMK kota atau kabupaten itu ikut UMP wilayah itu.

Proses menetapkan besaran UMR termasuk tidak mudah. Pemerintah melihat berbagai faktor sebagai acuan besaran UMR wilayah tersebut. Ada sebagian aspek yang mempengaruhi besaran UMR di Supiori, yaitu:

1. Kebutuhan Hidup Layak atau KHL

KHL adalah salah satu pedoman utama dalam menentukan UMR, hal ini sesuai berdasarkan UU Nomor 13 tahun 2003. Penetapan KHL berdasarkan standar kebutuhan pekerja lajang agar mampu hidup dengan layak setiap bulannya. Tidak cuma layak secara fisik saja tetapi juga non fisik dan juga sosial.

Baca Juga :   Daftar Gaji UMR Wonogiri

2. Indeks Harga Konsumen atau IHK

Faktor lainnya yang menentukan besaran UMR adalah IHK atau Indeks Harga Konsumen. IHK ini merupakan rata-rata ubahnya paket barang/jasa yang dikonsumsi dengan kurun waktu tertentu.

3. PDRB atau Produk Domestik Regional Bruto

faktor lainnya yang amat perlu untuk menentukan besaran UMR adalah PDRB. PDRB ini adalah basic harga konstan dari nilai tambah suatu barang/jasa. Untuk menghitung UMR dasar PDRB yang digunakan adalah PDRB di tahun sebelumnya.

Cara Mendapatkan Kerja dengan Gaji UMR Supiori

Anda para pekerja pasti ingin memperoleh pekerjaan dengan gaji minimal sama dengan UMR bukan? Lowongan kerja dengan gaji UMR Supiori dapat Anda dapatkan dengan beberapa cara berikut :

1. Cek Terlebih Dahulu Gaji yang Ditawarkan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan agar memperoleh gaji sesuai UMR adalah mengecek gaji yang di tawarkan perusahaan lebih dahulu. Biasanya jika Anda mencari pekerjaan secara online akan disebutkan rentan gaji yang akan Anda terima. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu apakah di atas UMR atau dibawah UMR.

2. Buatlah Surat Lamaran Pekerjaan dan CV yang Menarik

Untuk mendapatkan kerja dengan gaji UMR Supiori, Anda juga harus menulis surat lamaran pekerjaan dan CV yang menarik. Perusahaan dengan gaji UMR sudah tentu perusahaan yang besar.

Agar dapat masuk perusahaan ini pasti tidak gampang dan banyak pesaingnya. Oleh sebab itu, Anda perlu menulis CV yang menarik dan lengkap sehingga perusahaan tertarik menerima Anda.

3. Cari Pekerjaan yang Sesuai Keahlian

Mencari pekerjaan yang cocok dengan keahlian juga jadi salah satu cara agar Anda dapat memperoleh gaji minimal UMR. Mungkin di awal kerja gaji Anda belum UMR, namun kalau pekerjaan Anda sesuai dengan keahlian, maka Anda dapat cepat naik gaji.

Bekerja dengan gaji sesuai UMR bahkan lebih tentu menjadi idaman banyak orang. Anda bisa menjadikan Info gaji UMR Supiori ini sebagai pedoman kalian dalam mencari kerja agar mendapatkan gaji minimal sesuai UMR Supiori.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top